PROPOSAL USAHA
SERVICE KOMPUTER
Di
susun oleh :
Muhammad
Hasan Mubaroq
NIM :
130631100127
Pendidikan
Informatika
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal,
Bangkalan Madura
TAHUN 2014/2015
A. Latar belakang
Pada
saat ini banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya. Biasanya
mereka lebih memilih untuk memanggil orang lain untuk memperbaikinya daripada memperbaikinya
sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit
mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat usaha pelayanan jasa
SERVICE COMPUTER yang akan diberi nama “ Service Hardware & Software
Computer (SHSC) ”. Dalam memulai usaha
dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang
usaha dan bagaimana mendapatkan peluang tersebut. Bagaimana peluang usaha yang
hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh peluang
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan
pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik
dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan
mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut
gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan dan harus siap
menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar
untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani
mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Visi
Dan Misi
·
Visi
Kepuasan
konsumen atas jasa service serta produk merupakan hal yang paling kami
utamakan.
·
Misi
Untuk
memberikan produk dan jasa dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
Nama usaha : Service hardware & software computer (SHSC)
Lokasi :
Bangkalan
Waktu operasional : Senin – Sabtu
08.00 –
20.00
B. Analisis
SWOT
a) Strength (Kekuatan)
Banyaknya penguna komputer saat ini terutama
masyarakat atau komunitas,dimana mereka terkadang tidak mempunyai waktu luang
untuk membawa komputernya saat mengalami trouble atau kerusakan.
b) Weakness
(Kelemahan)
Banyak terdapat perusahaan lain yang
bergerak di bidang yang sama di wilayah perkotaan.
c) Oppurtunity (Peluang)
Dibutuhkan
suatu solusi untuk mengatasi masalah diatas dengan mendirikan suatu usaha jasa
reparasi (service) komputer dengan suatu layanan yang akan langsung datang
ketempat pelanggan yang membutuhkan jasa ini.
d) Threat (Hambatan)
Hambatan
yang kemungkinan terjadi untuk tempat konsumen yang sulit dijangkau (wilayah pedalaman).
C. Aspek Manajemen
Usaha ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Usaha ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas untuk selalu siap jika ada orang yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya.
Usaha ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Usaha ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas untuk selalu siap jika ada orang yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya.
D. Analisis Pelayanan Dan Operasional
a. Konsep Usaha
Konsep
usaha dari perusahaan kami terdiri dari 3 elemen yaitu Price, Place, Promotion.
Price yang artinya kami akan memberikan harga yang murah dan terjangkau untuk setiap perbaikan yang kami berikan. Place yang artinya kami akan selalu siap untuk datang jika ada panggilan service dimanapun tempatnya (dapat dijangkau). Promotion artinya selalu melakukan promosi untuk mendapatkan panggilan service yang lebih banyak.
b. Produk dan Penetapan Harga
Price yang artinya kami akan memberikan harga yang murah dan terjangkau untuk setiap perbaikan yang kami berikan. Place yang artinya kami akan selalu siap untuk datang jika ada panggilan service dimanapun tempatnya (dapat dijangkau). Promotion artinya selalu melakukan promosi untuk mendapatkan panggilan service yang lebih banyak.
b. Produk dan Penetapan Harga
Untuk
menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan
strategi harga pasar. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem
distribusi yang salah dan tidak efektif. Misalnya mencari suplier yang mampu
mensuplai barang dengan harga yang benar-benar murah.
c. Servis
Layanan jasa servis komputer dapat melalui dua
tahap. Tahap pertama pelanggan datang ke perusahaan membawa barang servisan.
Melakukan transaksi mengenai waktu dan harga. Perusahaan mengerjakan servis
sesuai kesepakatan. Pelanggan datang pada waktu yang disepakati dan melakukan
pembayaran. Atau tahap kedua adalah pelanggan mengambil servis panggilan.
d. Cek Komputer
Jasa ini merupakan jasa dimana perusahaan melakukan
cek bulanan komputer pelanggan atau jasa servis yang tidak diteruskan oleh
pelanggan.
e . Install Program
Instal program merupakan jasa layanan servis ringan
berupa servis software untuk komputer yang tekena virus atau kerusakan software
tanpa melakukan servis hardware.
f. Distribusi dan Promosi
Usaha
Service Computer adalah usaha kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada kami
untuk memperbaiki komputer mereka. Untuk memulai usaha ini , kami menyebarkan
brosur kepada tempat-tempat yang sekiranya membutuhkan bantuan untuk
memperbaiki komputernya. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan
kartu nama. Jika kita berhasil, kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan
tersebar dari mulut ke mulut. Terkadang ini lebih efektif dibandingkan kita menyebar
brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di depan
customer. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya
adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap perbaikan.
E. Aspek Operasional
Masalah-masalah
teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai
dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut
bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha service computer, paling tidak yang
dibutuhkan adalah mengerti tentang computer dan jaringan.
F. Aspek Keuangan
F. Aspek Keuangan
Pada
aspek keuangan ini, usaha kami mendapatkan modal dari perseorangan dari
anggota. Dan untuk hasilnya akan dibagi secara rata kepada anggota.
• Modal Usaha
Uang Kas SHSC : Rp. 500.000 ,-
Tools (Alat
perlengkapan)
Compact Disc Read-only : 15 Keping
Linux, Windows XP, 7, 8
Microsoft Office 2003
Microsoft Office 2007
All Software (lengkap)
DVD R : 10 Keping
G. Deskripsi Harga
Penentuan harga produk jasa perusahaan sebagai
berikut:
1. Jasa
Servis Komputer
Komponen per unit
|
||
1
|
Tenaga Kerja
|
35.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah Harga Per Unit
|
50.000
|
-
Servis (Repair) Komputer = Rp35.000,-
-
Servis Panggilan = Rp50.000,-
2. Cek
Komputer
Komponen per unit
|
||
1
|
Tenaga Kerja
|
10.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah Harga Per Unit
|
25.000
|
-
Cek Bulanan Komputer (panggilan) =
Rp30.000,-
-
Cek kondisi (non panggilan) = Rp10.000,-
3. Install
Program
Komponen per unit
|
||
1
|
Tenaga Kerja
|
10.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah Harga Per Unit
|
25.000
|
-
Install Program (panggilan) = Rp30.000,-
-
Install Program (non panggilan) = Rp20.000,-
-
Paket program = Sistem Operasi,
Aplikasi Kantor, Audio Video, Olah gambar sederhana
Penambahan
program di luar paket = Rp5.000 tiap program
Perkiraan keuntungan dari jasa servis komputer ;
Modal =
Rp. 500.000 ,00
rata- rata pendapatan 1 hari = Rp. 45.000 ,00
1 bulan =
45.000 x 30 = Rp.
1.350.000 ,00
laba bersih =
1.350.000 – 500.000 = Rp.
850.000 ,00/bln
Penutup
Demikian proposal ini
buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan
memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar